Minggu, 21 Januari 2024

Geliat Urban Farming Di Masyarakat, Pj. Wali Kota Mojokerto: Alternatif Solusi Ketahanan Pangan Hingga Bantu Tekan Laju Inflasi

Baca Juga



Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Belakangan, urban farming menjadi gaya hidup yang semakin diminati oleh warga perkotaan, tidak terkecuali di Kota Mojokerto. Terkait itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menginisiasi gerakan pertanian perkotaan ini melalui program Kelompok Wanita Tani (KWT).

Kini, urban farming tidak hanya menjadi gaya hidup warga tertentu yang tergabung dalam KWT saja. Melainkan, juga makin banyak dilakukan masing-masing rumah tangga dengan skala dan metode yang beragam.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro juga turut memberi perhatian terhadap fenomena tersebut. Pihaknya mengapresiasi keterlibatan masyarkat yang semakin masih dalam kegiatan berkebun yang memanfaatkan ruang terbatas yang ada di sekitar rumah atau pemukiman.

“Ini tidak hanya menghijaukan lingkungan, tapi juga menyediakan sayuran segar yang bisa dikonsumsi sebagai sumber nutrisi untuk keluarga. Ini menunjukkan adanya kesadaran ketahanan pangan dari masyarakat", ujar Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro, Minggu (21/01/2024).

Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro yang akrab dengan sapaan Mas Pj. ini menyampaikan, penerapan urban farming secara ekonomi juga menguntungkan bagi warga. Mengingat, untuk beberapa jenis sayuran dan bumbu dapur dapat dipenuhi secara mandiri melalui hasil budidaya tersebut. Bahkan, juga dapat membantu menekan laju inflasi daerah.

“Karena sejumlah tanaman termasuk dalam jenis komoditas yang kerap mengalami kenaikan dan berkontribusi pada terjadinya inflasi daerah, seperti cabai, bawang dan tomat", ujar Mas Pj.

Sementara itu, dari berbagai KWT yang ada di masing-masing kelurahan, salah-satunya adalah KWT Teras Hijau di Keluruahan Pulorejo memanfaatkan 'lahan cawisan' yang merupakan lahan kosong milik kelurahan yang tidak terlalu besar.

Ada sebanyak 15 ibu-ibu yang tergabung dalam KWT tersebut, aktif melakukan kegiatan bercocok tanam beragam jenis sayuran, seperti cabai, tomat, kenikir, terong, pakcoy dan lain-lain. Beragam jenis tanaman tersebut ditanam dengan metode yang berbeda.

Ada yang menggunakan polybag, langsung ke media tanah, dan dengan system hidroponik menggunakan air. Selain itu, pemupukan juga dilakukan dengan bahan organic, berupa pupuk POC (Pupuk Organik Cair) dan kompos, dari sampah organic rumah tangga yang dihasilkan warga sekitar.


“Untuk kangkung kami ada 5 gundukan, yang masing-masing bisa menghasil 8–9 kg. Jadi, selain untuk konsumsi anggota, juga dijual. Terus, ada cabai. Itu biasanya juga ada anggota yang sehari-hari berjualan makanan. Itu belinya di kita", kata Sunarti, salah-satu pengurus KWT.

Meski terkadang agak kesulitan untuk memasarkan hasil panennya, karena dinilai lebih mahal dibanding sayur non organic, Sunarti dan kelompoknya tidak lantas goyah. Mengingat, selaian memberikan opsi sayur yang lebih sehat bagi keluarga mereka, keberadaan kelompok tani yang dibentuk empat tahun lalu ini juga menambah kerukunan antar warga.

Selain dilakukan secara berkelompok, salah-satu rumah tangga yang juga melakukan praktik urban farming secara mandiri adalah pasangan Deni dan Titin, warga Kelurahan Pulorejo. Mereka memanfaatkan system hidroponik tidak hanya untuk menanam sayuran, melainkan juga buah.

“Kami pilih hidroponik ini karena cocok untuk lahan rumah yang sempit dan cukup mudah. Selain itu, juga ternyata bisa untuk berbagai jenis tanaman. Biasanya untuk sayur. Ini yang terbaru, kami coba untuk menanam buah melon dan bisa berbuah dengan baik", ungkap Titin. *(Diskominfo/SRT/HB)*