Senin, 03 Juli 2023

Firli: KPK Tidak Pernah Berhenti Berantas Korupsi Termasuk Di Lingkungan Sendiri

Baca Juga


Ketua KPK Firli Bahuri.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan, KPK tidak akan pernah berhenti memberantas korupsi termasuk kepada oknum Pegawai KPK yang melakukan tindak pidana. KPK bekerja secara profesional dalam memberantas korupsi.

“Yang jelas, KPK tetap bekerja secara profesional, (yang) melakukan tindak pidana itu kita bereskan. Kita tindak tegas termasuk pegawai internal KPK sendiri", ujar Ketua KPK Firli Bahuri di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta Pusat, Senin (03/07/2023).

Pernyataan Ketua KPK Firli Bahuri tersebut disampaikan untuk merespons hasil survei Indikator Politik Indonesia mengenai tingkat kepercayaan publik pada KPK yang disebut tidak meningkat sejak 2020 atau sejak pengesahan revisi UU KPK, yakni Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Ditegaskan Firli Bahuri, bahwa KPK tetap bekerja secara profesional untuk menuntaskan segala kasus korupsi, termasuk yang melibatkan oknum Pegawai KPK. “Komitmen KPK adalah kita tidak pernah berhenti memberantas korupsi, termasuk di lingkungan KPK itu sendiri", tegasnya.

Sebelumnya, dugaan korupsi di internal KPK mencuat setelah 15 Pegawai KPK diduga terlibat skandal pungutan liar (Pungli) di lingkungan Rumah Tahanan Negara (Rutan) KPK yang nilainya mencapai Rp. 4 miliar. Saat ini, proses penyelidikan skandal Pungli di lingkungan Rutan KPK yang melibatkan 15 oknum Pegawai KPK itu sedang berjalan. *(HB)*