Senin, 26 Agustus 2019

Pansel Umumkan 10 Capim KPK 30 Agustus

Baca Juga

Capim KPK saat akan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Senin 26 Agustus 2019.


Kota JAKARTA — (harianbuana.com).
Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera mengumumkan 10 (sepuluh) nama Capim KPK. Sepuluh nama Capim KPK itu kemudian akan diserahkan kepada Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih mengatakan, rencananya Pansel akan mengumumkan 10 nama Capim KPK pada Jumat (30/08/2019) depan.

"Tanggal 30 Agustus itu terakhir sudah ada 10 nama", kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Senin 26 Agustus 2019.

Diterangkannya, sesuai jadwal, Presiden akan menerima dokumen berisi 10 nama Capim KPK itu pada 2 September mendatang. Nantinya, presiden akan menentukan sikap atas 10 nama Capim KPK itu.

"Kemudian, 10 nama (Capim KPK) yang diterima presiden terserah beliau, mau diserahkan segera (ke DPR-RI) atau mau ditunda beliau, itu adalah hak preogatif presiden kepada DPR", terangnya.

Lebih lanjut, Yenti menjelasan, bahwa jika mengacu pada aturan perundang-undangan, Pansel dapat memberikan nama-nama yang dibutuhkan oleh Presiden sebanyak dua kali.

Dijelaskannya pula, bahwa setelah Presiden memutuskan nama-nama itu layak, kemudian akan diberikan kepada Komisi III DPR-RI. Selanjutnya, 10 nama itu akan diputuskan menjadi 5 nama oleh DPR-RI yang kemudian akan memimpin KPK periode 2019–2023.

"Undang-undang mengatakan kita memberikan dua kali yang dibutuhkan kepada presiden. Dari presiden langsung kepada DPR. DPR memfit dan proper tes, sehingga terdapat 5 nama", jelasnya pula.

Sementara itu, sebelum diputuskan menjadi 10 (sepuluh) nama, 20 (dua puluh) Capim KPK menjalani seleksi tahap akhir, yaitu pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto pada Senin (26/08/2019) ini yang kemudian disusul dilakukan tes wawancara dan uji publik pada 27–29 Agustus 2019.

Yenti menegaskan, bahwa proses tes kesehatan merupakan bagian tahapan pengecekan wawancara dan uji publik. Menurut dia, capim KPK harus lolos ke seleksi tersebut.

"Jadi nanti akan dinilai dari variabel itu untuk melihat 20 nama yang ada. Sama seperti profile assessment, rekam jejak tetap dilihat dalam menjaring 20 nama", tegasnya.

Ditandaskannya, semua tahapan seleksi  Capim KPK diharapkan dapat selesai pada Jum'at 30 Agustus 2019, sehingga hasilnya dapat diumumkan pada hari Jum'at itu juga.

"Kami berharap hari Jumat selesai hasilnya bisa sampai sore. Tetapi, kalau misal hasil proses nanti rapat akan menilai tentang rekam jejak, uji publik dan wawancara ya bisa jadi kemunginan senin paling lambat. Kami berharap Jum'at sudah bisa diumumin", tandasnya penuh harap. *(Ys/HB)*


BERITA TERKAIT :
> 20 Kandidat Capim KPK Akan Hadapi Tes Wawancara Dan Uji Publik 27–29 Agustus
> Pansel Loloskan Profile Assesment 20 Capim KPK
> 40 Capim KPK Lolos Tes Psikologi
> Hasil Tes Psikologi Capim KPK Diumumkan 5 Agustus 2019> 104 Kandidat Capim KPK Ujian Psikotes
> Ketua WP KPK Minta Pansel Capim KPK Memperhatikan Masukan Masyarakat
> 104 Peserta Lolos Uji Kopetensi Capim KPK, 9 Diantaranya Jenderal Polri Aktif
> Pansel DukungMasyarakat Sipil DirikanPos Pengaduan Rekam Jejak Capim KPK
> Gelar Uji Kompetensi, Pansel Libatkan 12 Pakar Dan Pegiat Anti-korupsi
> Koalisi Kawal Capim KPK Buka Pengaduan Rekam Jejak Capim
> Koalisi Kawal Capim KPK Minta Pansel Tindak-lanjutiTemuannya
Pendaftaran Capim KPK Dibuka Mulai Hari Ini
Presiden Minta Pansel Munculkan Pimpinan KPK Berkualitas Dan Mampu Atasi Korupsi 
Presiden RI Joko Widodo Terima Kunjungan Pansel Capim KPK DI Istana
> Pansel Capim KPK 2019–2023 Bakal Libatkan BIN Hingga BNPT
Dibanjiri Krtitik Tidak NetralPansel Capim KPK GaransiBakal Netral
Pimpinan KPK Berharap Pansel Calon Pimpinan Baru Profesional Dan Transparan
Presiden RI Joko Widodo Tetapkan Pansel Calon Pimpinan KPK