Selasa, 02 April 2024

KPK Periksa Anggota DPR Lasmi Indaryani Terkait TPPU Kedy Afandi

Baca Juga


Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Selasa 02 April 2024, menjadwal pemanggilan dan pemeriksaan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Lasmi Indaryani. Politikus Partai Demokrat tersebut diperiksa Tim Penyidik KPK sebagai Saksi perkara dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) untuk tersangka Kedy Afandi.

"Hari ini (Selasa 02 April 2024), di Gedung Merah Putih KPK, Tim Penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi Lasmi Indaryani", terang Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri selaku Juru Bicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK dalam keterangan tertulisnya, Selasa (02/04/2024).

Kedy Afandi merupakan Ketua Tim Sukses dan orang kepercayaan mantan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang meninggal dunia pada 20 Februari 2024 lalu. Kedy menjadi tersangka TPPU bersama-sama dengan Budhi Sarwono.

Adapun Lasmi Indaryani merupakan putri dari mantan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. Lasmi telah berulang kali diperiksa Tim Penyidik KPK terkait perkara Tindak Pidana Korupsi (TPK) gratifikasi dan TPPU yang sebelumnya menjerat sang ayah.

Sebelumnya, Anggota DPR RI Lasmi Indaryani dikonfirmasi Tim Penyidik KPK terkait proses penganggaran untuk pengadaan beberapa proyek di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara.

Seperti halnya pemeriksaan pada Jum'at 14 Juni 2022 lalu misalnya, Lasmi dicecar Tim Penyidik KPK terkait dugaan keterlibatannya dalam proyek pengadaan di Pemkab Banjarnegara serta gratifikasi yang diterima Budhi Sarwono.

Selain Lasmi Indaryani, Tim Penyidik KPK juga menjadwal pemanggilan dan pemeriksaan 16 Saksi lain terkait perkara dugaan TPPU untuk tersangka Kedy Afandi. Para Saksi itu dijadwal diperiksa di kantor Kejaksaan Negeri Purwokerto.

Berikut 16 Saksi lain terkait perkara dugaan TPPU untuk tersangka Kedy Afandi yang hari ini dijadwal diperiksa di kantor Kejaksaan Negeri Purwokerto:
1. Ibu rumah tangga bernama Marwi;
2. Anggota DPRD Banjarnegara, Amalia Desiana;
3. Tim APU PTT Bank Jateng, Indri Novia;
4. Staf umum di Bumi Redjo Group Afton Saefudin;
5. DIrektur Utama PT. Buton Tirto Baskoro, I Putu Dody;
6. Budhi Gunawan (swasta);
7. Susi Widiyanti (kasir PT Bumi Redjo);
8. Indra Rafli Bagus Maulana (pengawas Bumi Redjo Group);
9. Nursidi Budiono (swasta);
10. Budi Riyanto (pensiunan BUMN);
11. Ryan Christian Febrianto (swasta);
12. Fransisco Yope Imanuel (swasta);
13. Arief Sedyadi (PNS);
14. Sutoko (swasta);
15. Poliwati (direktur PT. Jawara Kreasi Cemerlang);
16. Titik Dikna Hapsari (swasta).
*(HB)*


BERITA TERKAIT: