Jumat, 27 Oktober 2023

Dewas KPK Akan Periksa Ketua KPK Firli Bahuri Hari Ini Terkait Pertemuan Dengan Mentan SYL

Baca Juga


Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Jum'at 27 Oktober 2023, menjadwal pemeriksaan Ketua KPK Firli Bahuri. Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris mengatakan, sejumlah Saksi perkara dugaan pelanggaran etik terkait pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dengan Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) telah dimintai keterangan.

"Rencananya pemeriksaan semua Pimpinan KPK, termasuk Pak FB (Firl Bahuri)", kata Anggota Dewas KPK Syamsuddin saat dihubungi wartawan, Jum'at (27/10/2023).

Syamsuddin menegaskan, permintaan keterangan kepada kelima Pimpinan KPK digelar hari ini hingga sore nanti. "Dijadwalkan hari ini, pagi sampai sore", tegasnya.

Sementara itu pula, Tim Penyidik Gabungan Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri juga tengah menangani perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pemerasan Pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo selaku Mentan RI.

Terkait penyidikan perkara tersebut, Ketua KPK Firli Bahuri telah diperiksa Tim Gabungan Subdit V Direskrimsus Tipikor Polda Metro Jaya dengan Tim Penyidik Bereskrim Polri di Kantor Bareskrim Polri.

Tim Gabungan Subdit V Direskrimsus Tipikor Polda Metro Jaya dengan Tim Penyidik Bereskrim Polri juga telah menggeledah rumah Ketua KPK Firli Bahuri yang berada di Bekasi pada Kamis (26/10/2023). Tim Gabungan Subdit V Direskrimsus Tipikor Polda Metro Jaya dengan Tim Penyidik Bereskrim Polri juga telah menggeledah rumah di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Sementara itu, KPK juga telah buka suara terkait penggeledahan di rumah Firli. KPK pun menyatakan akan bersikap koperatif terhadap proses penanganan perkara tersebut.

"KPK tentunya menghormati kegiatan tersebut sebagai bagian dari rangkaian proses hukum dan itu pun sepanjang sesuai mekanisme dan ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku", kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri selaku Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/10/2023).

Ali menegaskan, pihaknya mendapat informasi penggeledahan itu dari pemberitaan di media. Penggeledahan yang dimaksud adalah penggeledahan di rumah Ketua KPK Firli Bahuri yang berada di Bekasi, Jawa Barat.

"Kami mendapat informasi dari pemberitaan di media, bahwa hari ini ada penggeledahan di kediaman Ketua KPK Firli Bahuri di Bekasi terkait penyidikan umum yang sedang dilakukan Polda Metro Jaya", tegas Ali Fikri. *(HB)*


BERITA TERKAIT: