Selasa, 31 Oktober 2023

KPK Benarkan Mantan Mentan SYL Diperiksa Penyidik Polda Metro Jaya Di Bareskrim

Baca Juga


Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Tim Penyidik Subdit V Tipikor Reskrimsus Polda Metro Jaya hari ini, Selasa 31 Oktober 2023, dikabarkan akan melakukan pemeriksaan terhadap mantan Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Syahrul Yasin Limpo. Pemeriksaan dilakukan di Kantor Bareskrim Mabes Polri.

Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri selaku Juru Bicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK tak menampik dikonfirmasi informasi tersebut. Dibenarkannya, bahwa informasi tersebut adalah benar adanya.

"Informasi yang kami terima, iya betul", kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri selaku Juru Bicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPKAli Fikri saat dihubungi wartawan, Selasa (31/10/2023).

Sementara mantan Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat ini tengah menjadi Tahanan KPK sebagai Tersangka perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) pemerasan dalam jabatan, penerimaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Adapun Tim Penyidik Subdit V Tipikor Reskrimsus Polda Metro Jaya kali ini akan meminta keterangan mantan Mentan RI Syahrul Yasin Limpo sebagai Saksi perkara dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap dirinya.

Ditegaskan Ali Fikri, bahwa Tim Penyidik KPK juga tengah mengurus administrasi untuk keperluan pemeriksaan Syahrul Yasin Limpo oleh Tim Penyidik Subdit V Tipikor Reskrimsus Polda Metro Jaya. "Diperiksa hari ini, di Bareskrim Polri", tegas Ali Fikri.

Sebagaimana diketahui, perkara dugaan tindak pidana pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo selaku Mentan RI oleh Pimpinan KPK yang ditangani Tim Penyidik Subdit V Tipikor Reskrimsus Polda Metro Jaya telah naik ke tahap penyidikan pada 06 Oktober 2023 yang lalu.

Polisi menyebut, foto pertemuan Syahrul Yasin Limpo dengan Ketua KPK Firli Bahuri di tepi lapangan badminton yang beredar di masyarakat menjadi salah-satu materi gelar perkara.

Dalam perkara tersebut, sejauh ini, Tim Penyidik Subdit V Tipikor Reskrimsus Polda Metro Jaya setidaknya telah memeriksa 52 Saksi, termasuk Ketua KPK Firli Bahuri dan ajudannya yang kini sudah ditarik kembali ke Polri, Kevin Egananta Joshua.

Dalam perkara ini, pada Selasa 24 Oktober 2023, gabungan Tim Penyidik Subdit V Tipikor Reskrimsus Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri telah memeriksa Ketua KPK Firli Bahuri di Kantor Bareskrim Polri.

Dua hari kemudian atau pada Kamis 26 Oktober 2023, gabungan Tim Penyidik Subdit V Tipikor Reskrimsus Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri menggeledah rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Villa Galaxy, Bekasi, Jawa Barat dan rumah di jalan Kertanegara No. 46 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Rumah di jalan Kertanegara nomor 46 Kebayoran Baru Jakarta Selatan itu menjadi sorotan karena tidak tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Ketua KPK Firli Bahuri.

Rumah tersebut juga jadi sorotan karena diduga juga jadi tempat pertemuan dengan pejabat, salah-satunya pertemuan Firli dengan Syahrul. Namun, Ian Iskandar selaku pengacara Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan rumah tersebut digunakan hanya sebagai tempat istirahat.

Ketua KPK Firli Bahuri pun membantah, rumah di jalan Kartanegara No. 46 Kebayoran Baru Jakarta Selatan itu menjadi tempat pertemuan dengan Syahrul Yasin Limpo saat masih menjabat sebagai Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI).

Mulanya, Ketua KPK Firli Bahuri sempat menolak menanggapi soal penggeledahan rumahnya dengan alasan telah ada penjelasan dari Kuasa Hukum-nya.

"Enggak ada, enggak ada", ujar Ketua KPK Firli Bahuri saat dikonfirmasi wartawan usai menghadiri pertandingan badminton Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Cup 2023 di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (29/10/2023).

Namun, akhirnya Firli mau merespon ketika rumah di jalan Kertanegara No. 46 Kebayoran Baru Jakarta Selatan itu disebut jadi tempat bertemu dengan pejabat, salah-satunya Syahrul Yasin Limpo saat menjabat Mentan RI.

Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan, bahwa rumah di jalan Kertanegara No. 46 Kebayoran Baru Jakarta Selatan itu hanya digunakan untuk istirahat ketika dirinya sedang ada kegiatan di Jakarta.

"Itu hanya tempat istirahat kalau seandainya saya ada giat di Jakarta ya", tegas Ketua KPK Firli Bahuri.

Namun demikian, mantan Mentan RI Syahrul Yasin Limpo bersikukuh membenarkan dirinya bertemu Firli di rumah Kertanegara itu. Syahrul mengatakan itu usai diperiksa Tim Penyidik KPK pada Senin 30 Oktober 2023.

"Iya (bertemu), tanya Polda, tanya Polda", kata mantan Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat baru masuk ke mobil Toyota Innova warna hitam yang membawanya kembali ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) KPK, Senin (30/10/2023). *(HB)*


BERITA TERKAIT: