Kamis, 03 November 2022

Sebelum Diperiksa Tim Penyidik, Tim Dokter KPK Periksa Kesehatan Lukas Enembe

Baca Juga


Gubernur Papua Lukas Enembe saat akan diperiksa Tim Penyidik KPK di rumah kediaman pribadinya yang berada di Koya Tengah, Distrik Muara Tami Kota Jayapura Provinsi Papua, Rabu 03 November 2022.


Kota JAYAPURA – (harianbuana.com).
Ketua KPK Firli Bahuri dan Tim Dokter KPK didampingi Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri, Pangdam XVII Cendrawasih Mayjen TNI M. Saleh Mustafa dan Kepala BIN (Kabinda) Papua Mayjen TNI Gustaf Irianto mendatangi rumah kediaman Lukas Enembe yang berada di Koya Tengah, Distrik Muara Tami Kota Jayapura pada Rabu (03/11/2022) sekitar pukul 14.00 WIT.

Begitu tiba, Ketua KPK Firli Bahuri langsung bergegas menemui Gubernur Papua Lukas Enembe. Ketua KPK Firli Bahuri langsung-berjabat dengan Gubernur Papua Lukas Enembe. Sesaat kemudian, Tim Dokter KPK pun memeriksa kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Petrus Bala Pattyona selaku Tim kuasa Hukum Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, kliennya akan diperiksa oleh Penyidik KPK bila kesehatannya dinyatakan tak ada masalah.

"Saat ini, yang berlangsung masih pemeriksaan kesehatan. Karena harus dipastikan Gubernur itu sehat baru bisa di periksa", terang Petrus Bala Pattyona selaku Tim kuasa Hukum Gubernur Papua Lukas Enembe kepada wartawan, Kamis (03/11/2022).

Petrus menjelaskan, bahwa secara hukum, seseorang Tersangka yang diperiksa memang harus dinyatakan dalam keadaan sehat. Jika kesehatannya dianggap kurang baik, maka pemeriksaan penyidik mesti ditunda.

"Kan dalam kasus ini, Gubernur itu dalam keadaan sakit. Nah, dokter siapa atau dokter mana yang mengatakan bapak Lukas itu sehat, hingga harus diperiksa. Maka dari itu, pemeriksaan kesehatan harus diutamakan", jelas Petrus.

Petrus menegaskan, Ketua KPK Firli Bahuri bukan hanya datang membawa Tim Penyidik KPK, melainkan juga membawa Tim Dokter independen dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Nah, saat ini kan ada dokter yang dibawa Tim KPK. Sudah tentunya pemeriksaan kesehatan akan diutamakan. Nanti kalau beliau dinyatakan sehat atau direkomendasikan bisa menjalani pemeriksaan BAP, baru pemeriksaan dilakukan", tegas Petrus.

Sebagaimana diketahui, Ketua KPK Firli Bahuri dan Tim Dokter KPK didampingi Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri, Pangdam XVII Cendrawasih Mayjen TNI M. Saleh Mustafa dan Kepala BIN (Kabinda) Papua Mayjen TNI Gustaf Irianto mendatangi rumah kediaman Lukas Enembe yang berada di Koya Tengah, Distrik Muara Tami Kota Jayapura sekitar pukul 14.00 WIT, Rabu (03/11/2022).

Begitu tiba, Ketua KPK Firli Bahuri langsung bergegas menemui Gubernur Papua Lukas Enembe. Ketua KPK Firli Bahuri langsung-berjabat dengan Gubernur Papua Lukas Enembe. Momen jabat tangan itu terlihat dalam sebuah foto yang diterima media ini pada Kamis (03/11/2022).

Pada foto tersebut, tampak Ketua KPK Firli Bahuri dan Lukas Enembe bertemu dan berjabat-tangan di kediaman Lukas Enembe. Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi Kuasa Hukumnya, Alloysius Renwarin. *(HB)*


BERITA TERKAIT: