Kamis, 16 November 2023

Usai Diperiksa Di Bareskrim, Ketua KPK Bungkam

Baca Juga


Ketua KPK Firli Bahuri usai diperiksa Tim Penyidik Gabungan Subdit V Tipidkor Krimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri sebagai Saksi perkara dugaan tindak pidana pemerasan Pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL) selaku Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI), di Kantor Bareskrim Polri Jakarta, Kamis 16 November 2023.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri hari ini, Kamis 16 Novner 2023, telah memenuhi panggilan pemeriksaan Tim Penyidik Gabungan Subdit V Tipidkor Krimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri sebagai Saksi perkara dugaan tindak pidana pemerasan Pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL) selaku Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI), di Kantor Bareskrim Polri Jakarta.

Usai menjalani pemeriksaan, tidak satu kata pun yang ia sampaikan kepada wartawan yang menunggunya sejak lama. Tidak seperti biasanya yang berpenampilan penuh keterbukaan dan sangat percaya diri saat door stop, Ketua KPK Firli Bahuri kali ini sangat tertutup, bahkan terkesan menyembunyikan diri.

Usai menjalani pemeriksaan, Ketua KPK Firli Bahuri memilih menyembunyikan diri dan berusaha menutupi wajahnya dengan tas yang dibawanya. Bahkan, ketika sudah berada di dalam mobil, Katua KPK Firli Bahuri juga masih terlihat mencoba bersembunyi.

Sebelum memenuhi panggilan pemeriksaan ini, Ketua KPK Firli Bahuri sempat 2 (dua) kali izin mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan yang telah dijadwalkan Tim Penyidik Gabungan Subdit V Tipidkor Krimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri.

Usai memenuhi panggilan pemeriksaan hari ini, Kamis 16 November 2023, Ketua KPK Firli Bahuri keluar dari Kantor Bareskrim Mabes Polri sekitar pukul 14.30 WIB. Firli keluar dari pintu Gedung Rupatama Mabes Polri. Gedung Rupatama Mabes Polri sendiri memiliki akses untuk menuju ke Gedung Bareskrim Polri.

Ketua KPK Firli Bahuri terlihat memakai baju batik warna coklat dan bermasker. Begitu keluar dari Kantor Bareskrim Mabes Polri, Ketua KPK Firli Bahuri bergegas masuk kedalam mobil Hyundai warna hitam ber Nopol B 1917 TJQ.

Di dalam mobil itu, Ketua KPK Firli Bahuri seolah sedang bersembunyi dari awak media. Sambil bersandar, ia berupaya menyembunyikan badannya dari jendela kaca mobil. Ketua KPK Firli Bahuri seolah menyembunyikan wajahnya dengan tangan dan tas berwarna hitam.

Sejumlah awak media tetap mengikuti mobil yang dinaiki Ketua KPK Firli Bahuri. Namun, mobil tersebut terus berjalan menuju pintu keluar Mabes Polri. Bahkan, kaki salah-seorang jurnalis sekaligus fotografer yang sedang meliput sempat terlindas ketika ingin mengambil foto Firli yang di dalam mobil.

Terpisah, Ian Iskandar selaku Kuasa Hukum Firli Bahuri enggan menginformasikan materi pemeriksaan yang digali Tim Penyidik dalam pemeriksaan tersebut. "Yang bisa kami sampaikan, bahwa dalam pemeriksaan hari ini adalah pemeriksaan yang sifatnya normatif",  ujar Ian Iskandar selaku Kuasa Hukum Firli Bahuri. *(HB)*


BERITA TERKAIT: