Kamis, 16 November 2023

Firli Bahuri Dan 3 Tiga Pegawai KPK Diperiksa Di Bareskrim

Baca Juga


Direktur Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Tim Penyidik Gabungan Subdit V Tipidkor Krimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri hari ini, Kamis 16 Nevember 2023, memeriksa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dan 3 (tiga) Pegawai KPK lainnya sebagai Saksi perkara dugaan tindak pidana pemerasan Pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI).

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak menerangkan, selain Ketua KPK Firli Bahuri, Gabungan Tim Penyidik Subdit V Tipidkor Reskrimsus Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri Tim Penyidik KPK juga menjadwal pemeriksaan 3 tiga Pegawai KPK lainnya.

"Ada 3 (tiga) orang Pegawai KPK yang juga diperiksa hari ini (selain Firli) oleh Penyidik Gabungan Subdit Tipidkor Krimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri", ungkap Direktur Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak saat dikonfirmasi wartawan di Markas Polda Metro Jaya Jakarta, Kamis (16/11/2023).

Ade belum menginformasikan identitas tiga Pegawai KPK dan peran mereka dalam perkara tersebut sehingga turut diperiksa. Ade pun belum menjawab pertanyaan wartawan tentang materi yang akan digali oleh Tim Penyidik Gabungan Subdit V Tipidkor Krimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri dari pemeriksaan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri dan 3 Pegawai KPK itu.

Sesuai permintaan Pimpinan KPK, pemeriksaan Ketua KPK Firli Bahuri dan 3 Pegawai KPK itu digelar di Markas Polda Metro Jaya, melainkan digelar di Kantor Bareskrim Polri. "Semua (pemeriksaan) dikonsentrasikan untuk hari ini di Gedung Dittipidkor Bareskrim Polri", ungkap Ade Safri.

Sementara itu, Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi (Wadirtipidkor) Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa menegaskan, bahwa Ketua KPK Firli telah hadir sekitar pukul 09.20 WIB. Ketua KPK Firli Bahuri kali ini memenuhi panggilan pemeriksaan Tim Penyidik Gabungan setelah 2 (dua) kali sebelumnya mangkir. Polda Metro Jaya sendiri sudah menaikkan status kasus ini ke tahap penyidikan.

Dalam perkara ini, Tim Penyidik Subdit V Tipidkor Reskrimsus Polda Metro Jaya di antaranya menyelidiki dugaan pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dengan Syahrul Yasin Limpo selaku Mentan RI di lapangan badminton. Foto moment pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dengan Syahrul Yasin Limpo selaku Mentan RI di lapangan badminton itu, diketahui beredar luas di dunia maya.

Ketua KPK Firli Bahuri sendiri mengaku bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo selaku Mentan di lapangan badminton sebelum KPK memulai penyelidikan dugaan korupsi di Kementan RI. Firli pun mengaku, dirinya bertemu Syahrul Yasin Limpo selaku Mentan di lapangan bulutangkis itu pada 2 Maret 2022 di tempat terbuka dan disaksikan banyak orang. Sedangkan perkara dugaan korupsi di Kementan RI naik ke tahap penyelidikan baru sekitar Januari 2023.

"Maka dalam waktu tersebut (2 Maret 2022), status saudara Syahrul Yasin Limpo bukan Tersangka, Terdakwa, Terpidana ataupun pihak yang berperkara di KPK", ungkap Firli Bahuri.

Ketua KPK Firli Bahuri pun membantah tudingan-tudingan lain, salah-satunya isu pemerasan dan penerimaan uang dalam jumlah miliaran rupiah dari Syahrul Yasin Limpo. Menurut Firli, masalah dugaan pemerasan yang saat ini mengarah ke Pimpinan KPK ini merupakan bentuk serangan balik para koruptor.

"Sangat mungkin saat ini para koruptor bersatu melakukan serangan, apa yang kita kenal dengan istilah when the corruptor strike back", tandas Firli Bahuri. *(HB)*


BERITA TERKAIT: